Jumat, 08 Juni 2012

RPP Kimia


RANCANGAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :           SMP 2 Pangkah

Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VIII / 1

Standar kompetensi          :            Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi Dasar             :           Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

Baca Selanjtnya ...

Metode / Pendekatan        :           Diskusi, informasi, tanya jawab.

Sumber / Bahan / Alat       :
            1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
            2.  Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
            3.  Alat                  :     Bahan percobaan: bahan sintetis, air, detergen.
Baca Selengkapnya ...


Pengalaman Belajar    :    
1.    Mendata bahan kimia alami pada kemasan produk kebutuhan rumah tangga dan mengklasifikasikannya sesuai dengan kegunaannya
2.    Studi pustaka untuk mendapatkan informasi tentang bahan-bahan kimia yang berguna dalam produk kebutuhan rumah tangga
3.    Mencari informasi melalui referensi/nara sumber tentang efek samping bahan kimia yang terdapat pada produk kebutuhan rumah tangga

Alokasi Waktu               : 2 X 40 menit


Indikator                         :
1.    Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga

Tujuan Pembelajaran:
1.    Siswa dapat menyebutkan macam-macam bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Siswa dapat Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga


Materi Pokok                 :     Kimia Rumah Tangga

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )

            Kegiatan awal (5 menit )
1.    Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
2.      Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
·         Bahan kimia sering kita temui dalam aktivitas kita sepanjang hari. Dapatkah kamu menyebutkan bahan-bahan kimia yang ada di sekitar kita?
3.    Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai      


            Kegiatan inti ( 70 menit )
1.     Guru membimbing siswa untuk membuat kelompok
2.     Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang:
·         Pengertian dan penggolongan bahan kimia.
3.    Siswa membuat Kegiatan 2.1 halaman 31 tentang Mendata Bahan Kimia di Rumah.
4.    Guru memeriksa pekerjaan siswa sekaligus memberikan bimbingan pada siswa yang belum mengerti.
5.    Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan Uji Kepahamanmu nomor 1-3 halaman 31-32.
6.    Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
7.    Guru mengarahkan siswa untuk membuka buku pegangan untuk mencari informasi tentang bahan kimia pembersih berupa sabun dan detergen.
8.    Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 4-7 halaman 33.
9.    Guru menunjuk siswa secara acak untuk mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
10. Guru menjelaskan tentang struktur molekul sabun dan detergen juga mekanisme kerja sabun dan detergen.
11. Guru membagikan potongan bahan sintetis pada setiap kelompok dan meminta siswa untuk melakukan Kegiatan 2.2 halaman 36.
12. Guru meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja mereka dan membacakan kesimpulan yang telah mereka buat, siswa lain dan guru menanggapi.
        
Kegiatan penutup (5 menit )
1.    Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.    Guru memberikan PR Uji Kepahamanmu nomor 11-15 halaman 38.
3.    Salam penutup

Pertemuan Kedua ( 2 X 40 menit )

            Kegiatan awal (5 menit )
1.    Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
2.      Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
·         Selain sabun dan detergen adakah bahan kimia lain yang berfungsi sebagai pembersih?
3.    Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai     


            Kegiatan inti ( 70 menit )
1.    Guru dan siswa membahas PR Uji Kepahamanmu nomor 11-15 halaman 38.
2.    Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang pembersih lantai dan pasta gigi.
3.    Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 21-22 halaman 42 dan Uji Kepahamanmu nomor 23-24 halaman 43.
4.    Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
5.    Guru dan siswa mendiskusikan bahan kimia berupa bahan pemutih, bahan pewangi, dan bahan pembasmi serangga.
6.    Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 25-26 halaman 44, nomor 27-28 halaman 45, dan nomor 29-30 halaman 49.
7.    Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.


Kegiatan penutup (5 menit )
1.    Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.    Guru memberikan PR Kegiatan 2.4 halaman 46.
3.    Salam penutup



Penilaian
            Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
            Penilaian afektif
            Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
            Penilaian psikomotorik
            Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja  individu dalam kelompok.




LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VIII - …..
Kelompok                  : A

  1. Afektif


No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok
Kerjasama dalam kelompok
Bersaing secara sehat dan sportif
Kelengkapan tugas individu dalam kelompok
Kelengkapan tugas individu
1.








2.








3.








4.








5.








dst














  1. PSIKOMOTORIK

No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Keterampilan berbicara
Merakit alat percobaan
Membuat rancangan percobaan
Menggunakan alat dengan teapat
Mencatat data percobaan
1.








2.








3.








4.








5.








dst











            Pedoman penskoran :                   
            Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
                                                            2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang
                                                            1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah
            Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = tindakan benar, tepat dan teliti
                                                            2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
                                                            1 = tindakan salah

            Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15


Tindak lanjut :
            Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
            Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.












RANCANGAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VIII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi Dasar             :           Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia 



Metode / Pendekatan :     Diskusi, informasi, tanya jawab.

Sumber / Bahan / Alat       :
            1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
            2.  Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
            3. Alat                   :     -

Pengalaman Belajar    :    
1.    Studi pustaka efek samping bahan kimia
2.    Menelaah kemasan suatu produk untuk mendapatkan informasi tentang efek samping bahan kimia yang digunakannya

Alokasi Waktu               : 2X 40 menit

Indikator                         :
1.    Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam produk bahan kimia rumah tangga.
2.    Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk

Tujuan pembelajaran  :
1.    Dapat Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam produk bahan kimia rumah tangga.
2.    Dapat Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk

Materi Pokok                 :     Kegunaan dan efek samping bahan kimia

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )


            Kegiatan awal (5 menit )
1.    Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
2.      Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
·         Tahukah kalian efek samping dari penggunaan pestisida dalam pertanian?
3.    Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai      


            Kegiatan inti ( 70 menit )
1.    Guru dan siswa mendiskusikan PR Kegiatan 2.4 halaman 46.
2.    Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang efek samping penggunaan bahan kimia rumah tangga yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan pencemaran lingkungan.
1.    Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 31-32 halaman 54.
2.    Siswa dan guru mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
3.    Siswa mengerjakan Soal-soal Bab 2.
4.    Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal-soal yang baru saja dikerjakan.
        
Kegiatan penutup (5 menit )
1.     Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.     Salam penutup


Penilaian
            Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
            Penilaian afektif
            Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
            Penilaian psikomotorik
            Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja  individu dalam kelompok.




LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VIII - …..
Kelompok                  : A

  1. Afektif


No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok
Kerjasama dalam kelompok
Bersaing secara sehat dan sportif
Kelengkapan tugas individu dalam kelompok
Kelengkapan tugas individu
1.








2.








3.








4.








5.








dst









  1. PSIKOMOTORIK

No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Keterampilan berbicara
Merakit alat percobaan
Membuat rancangan percobaan
Menggunakan alat dengan teapat
Mencatat data percobaan
1.








2.








3.








4.








5.








dst











            Pedoman penskoran :                   
            Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
                                                            2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang
                                                            1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah
            Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = tindakan benar, tepat dan teliti
                                                            2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
                                                            1 = tindakan salah

            Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15


Tindak lanjut :
            Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
            Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.













RANCANGAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi Dasar             :           Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan


Metode / Pendekatan :     Diskusi, informasi, tanya jawab.

Sumber / Bahan / Alat       :
            1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
            2.  Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
            3.  Alat                  :     -

Pengalaman Belajar    :    
1.    Mencari informasi melalui referensi tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan
2.    Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan kimia alami
3.    Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan kimia buatan


Alokasi Waktu               : 4 X 40 menit

Indikator                         :
1.    Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan
2.    Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan

Materi Pokok                 :     Bahan kimia alami dan buatan

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )


            Kegiatan awal (5 menit )
1.    Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
2.      Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
·               Adakah bahan kimia yang aman digunakan sebagai bahan tambahan dalam produk makanan?
3.    Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai      


            Kegiatan inti ( 70 menit )
1.    Guru mengarahkan siswa utnuk membuat kelompok
2.    Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang zat adiktif makanan yang digunakan sebagai bahan pewarna, baik bahan pewarna alami maupun buatan.
3.    Guru dan siswa mendiskusikan kegiatan 3.2 halaman 60.
4.    Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 1-6 halaman 61.
5.    Guru menunjuk siswa secara acak untuk mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
6.    Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi tentang zat adiktif makanan yang digunakan sebagai bahan pemanis, baik bahan pemanis alami maupun buatan.
7.    Guru dan siswa mendiskusikan tentang zat adiktif yang berfungsi sebagai bahan pengawet, baik bahan pengawet alami maupun buatan, dan beberapa cara mengawetkan makanan.
8.    Siswa mengerjalan  Uji Kepahamanmu nomor 7-10 halaman 63 dan nomor 11-15 halaman 67-68.
9.    Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.

        
Kegiatan penutup (5 menit )
1.    Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi.
2.    Guru memberikan PR Kegiatan 3.1 halaman 60, Kegiatan 3.3 halaman 63, dan Kegiatan 3.4 halaman 67.
3.    Salam penutup


Pertemuan kedua ( 2 X 40 menit )


            Kegiatan awal (5 menit )
1.    Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
2.    Guru memberikan   pertanyaan untuk memotivasi siswa :
·         Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan MSG?
3.    Guru menyampaikan indikator pencapaian hasil belajar.
        
            Kegiatan inti ( 70 menit )
1.    Guru memeriksa PR siswa dan membahasnya bersama siswa.
2.    Guru membimbing siswa untuk membuat kelompok
3.    Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang berbagai macam bahan penyedap alami dan buatan.
4.    Guru meminta siswa untuk mendata berbagai macam bahan makanan yang menggunakan penyedap (Kegiatan 3.5 halaman 69)
5.    Guru meminta siswa untuk menelaah bahan kimia apa saja yang terdapat dalam contoh-contoh yang mereka buat.
6.    Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 16-19 halaman 69.
7.    Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
8.    Guru dan siswa mendiskusikan bahan adiktif makanan yang berfungsi sebagai antioksidan dan penambah nutrisi.
9.    Siswa mengerjakan Uji Kepemahamanmu nomor 20-22 halaman 70, nomor 23 halaman 71, dan Soal-soal bab 3.
10. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal-soal yang abru saja dikerjakan.

            Kegiatan penutup (5 menit )
1.      Melalui diskusi guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan.
2.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan Kegiatan 3.6.
3.      Salam penutup




Penilaian
            Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
            Penilaian afektif
            Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
            Penilaian psikomotorik
            Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja  individu dalam kelompok.



LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VIII - …..
Kelompok                  : A

  1. Afektif


No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok
Kerjasama dalam kelompok
Bersaing secara sehat dan sportif
Kelengkapan tugas individu dalam kelompok
Kelengkapan tugas individu
1.








2.








3.








4.








5.








dst

























  1. PSIKOMOTORIK

No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Keterampilan berbicara
Merakit alat percobaan
Membuat rancangan percobaan
Menggunakan alat dengan teapat
Mencatat data percobaan
1.








2.








3.








4.








5.








dst











            Pedoman penskoran :                   
            Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
                                                            2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang
                                                            1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah
            Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = tindakan benar, tepat dan teliti
                                                            2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
                                                            1 = tindakan salah

            Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15


Tindak lanjut :
            Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
            Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.












RANCANGAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi Dasar             :           Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika


Metode / Pendekatan :     Diskusi, informasi, tanya jawab.

Sumber / Bahan / Alat       :
            1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
            2.  Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
            3.  Alat                  :     -

Pengalaman Belajar    :    
1.    Studi pustaka tentang pengertian zat adiktif dan psikotropika
2.    Mendata contoh zat adiktif
3.    Mendata contoh zat psikotropika
4.     Mencari informasi dari nara sumber tentang dampak negatif penggunaan zat adiktif dan psikotropika


Alokasi Waktu               : 4 X 40 menit

Indikator                         :
1.    Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
2.     Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial

Tujuan Pembelajaran:     
1.    siswa dapat Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
2.    siswa dapat Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Materi Pokok                 :     Zat adiktif dan psikotropika

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )

            Kegiatan awal (5 menit )
1.    Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
2.      Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
·         Tahukah kamu rokok mengandung sedikitnya 400 zat beracun bagi tubuh? Apa saja penyakit yang bisa ditimbulkan akibat asap rokok?
3.    Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai      

            Kegiatan inti ( 70 menit )
1.    Guru membimbing siswa untuk membuat kelompok
2.    Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang pengertian dan penggolongan zat adiktif
3.    Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 1-6 halaman 79.
4.    Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi tentang berbagi jenis zat adiktif  dan dampaknya, meliputi:
·         Rokok
·         Minuman keras (alkohol)
5.    Siswa mengerjakan Uji Kepemahamanmu nomor 7-10 halaman 84 dan nomor 11-14 halaman 87.
6.    Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal yang baru saja dikerjakan.
7.    Guru dan siswa mendiskusikan tentang zat adiktif narkotika.
8.    Guru dan siswa membahas Uji Kepemahamanmu nomor 15-16 halaman 91..

Kegiatan penutup (5 menit )
1.    Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.    Guru memberikan PR Uji Kepemahamanmu nomor 17-18 halaman 92 dan nomor 19-21 halaman 93.
3.    Salam penutup


Pertemuan Kedua ( 2 X 40 menit )

            Kegiatan awal (5 menit )
1.    Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
2.      Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
·         Bangsa Aztek sudah menggunakan zat halusinogen dalam upacara keagamaannya, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan zat halusinogen?
3.    Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai      

            Kegiatan inti ( 70 menit )
1.    Guru memeriksa PR Uji Kepemahamanmu nomor 17-18 halaman 92 dan nomor 19-21 halaman 93.
2.    Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi tentang zat adiktif serta dampaknya, meliputi:
·         Halusinogen
·         Inhalasia dan solven
·         Kafein
3.    Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 22 halaman 94, nomor 23-24 halaman 95, dan nomor 25 halaman 96.
4.    Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
5.    Guru dan siswa mendiskusikan dampak penyalahgunaan narkoba.
6.    Siswa mengerjakan Kegiatan 4.3 halaman 98.
7.    Guru memeriksa pekerjaan siswa sekaligus memberikan bimbingan dan penilaian.


Kegiatan penutup (5 menit )
4.    Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
5.    Guru memberikan Kegiatan 4.2 halaman 83.
6.    Salam penutup



Penilaian
            Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
            Penilaian afektif
            Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
            Penilaian psikomotorik
            Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja  individu dalam kelompok.
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VIII - …..
Kelompok                  : A

  1. Afektif

No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok
Kerjasama dalam kelompok
Bersaing secara sehat dan sportif
Kelengkapan tugas individu dalam kelompok
Kelengkapan tugas individu
1.








2.








3.








4.








5.








Dst











  1. PSIKOMOTORIK

No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Keterampilan berbicara
Merakit alat percobaan
Membuat rancangan percobaan
Menggunakan alat dengan teapat
Mencatat data percobaan
1.








2.








3.








4.








5.








Dst









            Pedoman penskoran :                   
            Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
                                                            2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang
                                                            1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah
            Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = tindakan benar, tepat dan teliti
                                                            2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
                                                            1 = tindakan salah

            Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15


Tindak lanjut :
            Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
            Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.


































RANCANGAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi Dasar             :           Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika


Metode / Pendekatan        :           Diskusi, informasi, tanya jawab.

Sumber / Bahan / Alat       :
            1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
            2.  Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
            3.  Alat                  :     -

Pengalaman Belajar    :    
1.    Mencari informasi dari nara sumber tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika

Alokasi Waktu               : 2 X 40 menit

Indikator                         :
1.    Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
2.    Mendata zat adiktif dan  psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan

Tujuan Pembelajaran :
1.    Siswa dapat Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
2.    Siswa dapat Mendata zat adiktif dan  psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan

3.     

Materi Pokok                 :     Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )


            Kegiatan awal (5 menit )
1.    Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
2.      Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
·         Apa yang akan kamu lakukan jika ada temanmu yang mengajakmu menggunakan zat adiktif atau zat psikotropika?
3.    Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai        


            Kegiatan inti ( 70 menit )
1.    Guru memeriksa PR siswa (Kegiatan 4.2 halaman 83)
2.    Guru membimbing siswa untuk membuat kelompok.
3.    Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika.
4.    Guru meminta beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka.
5.    Guru meminta siswa lainnya untuk menanggapi dan mendiskusikannya.
6.    Siswa mengerjakan Kegiatan 4.4 halaman 101.
7.    Guru menunjuk salah satu kelompok untuk membacakan Tulisan yang telah mereka buat.
8.    Siswa mengerjakan Soal-soal Bab 4 halaman 102.
9.    Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal-soal yang baru saja dikerjakan.

        

Kegiatan penutup (5 menit )
1.    Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mendata zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan.
3.    Salam penutup



Penilaian
            Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
            Penilaian afektif
            Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
            Penilaian psikomotorik
            Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja  individu dalam kelompok.




LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VIII - …..
Kelompok                  : A

  1. Afektif


No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok
Kerjasama dalam kelompok
Bersaing secara sehat dan sportif
Kelengkapan tugas individu dalam kelompok
Kelengkapan tugas individu
1.








2.








3.








4.








5.








Dst









  1. PSIKOMOTORIK

No Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Keterampilan berbicara
Merakit alat percobaan
Membuat rancangan percobaan
Menggunakan alat dengan teapat
Mencatat data percobaan
1.








2.








3.








4.








5.








Dst









            Pedoman penskoran :                   
            Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
                                                            2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang
                                                            1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah
            Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :
                                                            3 = tindakan benar, tepat dan teliti
                                                            2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
                                                            1 = tindakan salah
            Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15
Tindak lanjut :
            Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
            Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.

                                                                                                            Pangkah,  2 Juni 2014
Mengetahui
Kepala SMP 2 Pangkah                                                                 Guru Mapel IPA


Dra. Dwi Imas M. pd                                                                          Ayu widiastu S. pd
NIP:                                                                                                    NIP:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar