RANCANGAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP 2 Pangkah
Mata Pelajaran : IPA
Kimia
Kelas / Semester : VIII / 1
Standar
kompetensi : Memahami
kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar : Mencari informasi tentang
kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
Metode / Pendekatan : Diskusi, informasi, tanya jawab.
Sumber / Bahan / Alat :
1.
Sumber : Purba, Michael, 2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
2. Bahan :
Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi
dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
3.
Alat : Bahan percobaan: bahan sintetis, air,
detergen.
Baca Selengkapnya ...
Pengalaman Belajar :
1. Mendata bahan kimia alami pada kemasan produk kebutuhan
rumah tangga dan mengklasifikasikannya sesuai dengan kegunaannya
2. Studi pustaka untuk mendapatkan informasi tentang
bahan-bahan kimia yang berguna dalam produk kebutuhan rumah tangga
3. Mencari informasi melalui referensi/nara sumber tentang
efek samping bahan kimia yang terdapat pada produk kebutuhan rumah tangga
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Indikator :
1.
Menyebutkan
bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menjelaskan efek
samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam bahan-bahan kimia
yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Siswa dapat Menjelaskan efek samping bahan kimia yang
terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
Materi Pokok : Kimia
Rumah Tangga
Skenario Pembelajaran :
Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )
Kegiatan
awal (5 menit )
1.
Salam pembuka, mengecek kehadiran
siswa
2.
Guru memberikan pertanyaan untuk
memotivasi siswa :
·
Bahan kimia sering kita temui dalam
aktivitas kita sepanjang hari. Dapatkah kamu menyebutkan bahan-bahan kimia yang
ada di sekitar kita?
3.
Guru menyampaikan indikator kegiatan
yang akan dicapai
Kegiatan
inti ( 70 menit )
1.
Guru membimbing siswa untuk membuat
kelompok
2.
Guru meminta siswa untuk mencari
informasi tentang:
·
Pengertian dan penggolongan bahan
kimia.
3.
Siswa membuat Kegiatan 2.1 halaman 31
tentang Mendata Bahan Kimia di Rumah.
4.
Guru memeriksa pekerjaan siswa
sekaligus memberikan bimbingan pada siswa yang belum mengerti.
5.
Guru meminta siswa untuk mengerjakan
latihan Uji Kepahamanmu nomor 1-3 halaman 31-32.
6.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
7.
Guru mengarahkan siswa untuk membuka
buku pegangan untuk mencari informasi tentang bahan kimia pembersih berupa
sabun dan detergen.
8.
Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu
nomor 4-7 halaman 33.
9.
Guru menunjuk siswa secara acak untuk
mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
10.
Guru menjelaskan tentang struktur
molekul sabun dan detergen juga mekanisme kerja sabun dan detergen.
11.
Guru membagikan potongan bahan
sintetis pada setiap kelompok dan meminta siswa untuk melakukan Kegiatan 2.2
halaman 36.
12.
Guru meminta salah satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil kerja mereka dan membacakan kesimpulan yang telah mereka
buat, siswa lain dan guru menanggapi.
Kegiatan
penutup (5 menit )
1.
Guru membantu siswa untuk membuat
kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.
Guru memberikan PR Uji Kepahamanmu
nomor 11-15 halaman 38.
3.
Salam penutup
Pertemuan Kedua ( 2 X 40 menit )
Kegiatan
awal (5 menit )
1.
Salam pembuka, mengecek kehadiran
siswa
2.
Guru memberikan pertanyaan untuk
memotivasi siswa :
·
Selain sabun dan detergen adakah bahan
kimia lain yang berfungsi sebagai pembersih?
3.
Guru menyampaikan indikator kegiatan
yang akan dicapai
Kegiatan
inti ( 70 menit )
1.
Guru dan siswa membahas PR Uji
Kepahamanmu nomor 11-15 halaman 38.
2.
Guru meminta siswa untuk mencari
informasi tentang pembersih lantai dan pasta gigi.
3.
Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu
nomor 21-22 halaman 42 dan Uji Kepahamanmu nomor 23-24 halaman 43.
4.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
5.
Guru dan siswa mendiskusikan bahan
kimia berupa bahan pemutih, bahan pewangi, dan bahan pembasmi serangga.
6.
Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu
nomor 25-26 halaman 44, nomor 27-28 halaman 45, dan nomor 29-30 halaman 49.
7.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
Kegiatan
penutup (5 menit )
1.
Guru membantu siswa untuk membuat
kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.
Guru memberikan PR Kegiatan 2.4
halaman 46.
3.
Salam penutup
Penilaian
Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai
tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
Penilaian afektif
Menilai minat, etika, kerjasama
kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
Penilaian psikomotorik
Penilaian psikomotorik dilakukan
dengan pengamatan pada kemampuan kerja
individu dalam kelompok.
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK
Mata Pelajajaran : Kimia Kelas
: VIII - …..
Kelompok : A
- Afektif
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Aktivitas dalam diskusi kelompok
|
Kerjasama dalam kelompok
|
Bersaing secara sehat dan sportif
|
Kelengkapan tugas individu dalam
kelompok
|
Kelengkapan tugas individu
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
dst
|
- PSIKOMOTORIK
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Keterampilan berbicara
|
Merakit alat percobaan
|
Membuat rancangan percobaan
|
Menggunakan alat dengan teapat
|
Mencatat data percobaan
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
dst
|
Pedoman
penskoran :
Afektif : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan
kriteria sebagai berikut :
3
= kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
2
= kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 =
kegiatan kurang atau intensitas rendah
Psikomotorik : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai
berikut :
3
= tindakan benar, tepat dan teliti
2
= tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
1
= tindakan salah
Pedoman penilaian : Nilai = (jumlah skor x 100) : 15
Tindak lanjut :
Siswa yang telah berhasil dengan
nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
Siswa yang belum mencapai ketuntasan
kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti
program remedial terlebih dahulu.
RANCANGAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kimia
Kelas / Semester : VIII / 1
Standar
kompetensi : Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar : Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
Metode / Pendekatan : Diskusi,
informasi, tanya jawab.
Sumber / Bahan / Alat :
1.
Sumber : Purba, Michael, 2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
2. Bahan :
Lembar kegiatan siswa yang
dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
3. Alat : -
Pengalaman Belajar :
1. Studi pustaka efek samping bahan kimia
2.
Menelaah kemasan suatu produk untuk mendapatkan informasi tentang efek
samping bahan kimia yang digunakannya
Alokasi Waktu : 2X 40 menit
Indikator :
1. Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam
produk bahan kimia rumah tangga.
2. Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat
dalam suatu produk
Tujuan pembelajaran :
1.
Dapat Mengidentifikasi
fungsi bahan kimia yang terdapat dalam produk bahan kimia rumah tangga.
2.
Dapat
Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk
Materi Pokok : Kegunaan dan efek samping bahan kimia
Skenario Pembelajaran :
Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )
Kegiatan
awal (5 menit )
1.
Salam pembuka, mengecek kehadiran
siswa
2.
Guru memberikan pertanyaan untuk
memotivasi siswa :
·
Tahukah kalian efek samping dari
penggunaan pestisida dalam pertanian?
3.
Guru menyampaikan indikator kegiatan
yang akan dicapai
Kegiatan
inti ( 70 menit )
1.
Guru dan siswa mendiskusikan PR
Kegiatan 2.4 halaman 46.
2.
Guru meminta siswa untuk mencari
informasi tentang efek samping penggunaan bahan kimia rumah tangga yang terkait
dengan kesehatan, keselamatan, dan pencemaran lingkungan.
1.
Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu
nomor 31-32 halaman 54.
2.
Siswa dan guru mendiskusikan jawaban
dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
3.
Siswa mengerjakan Soal-soal Bab 2.
4.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal-soal yang baru saja dikerjakan.
Kegiatan
penutup (5 menit )
1.
Guru membantu siswa untuk membuat
kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.
Salam penutup
Penilaian
Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai
tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
Penilaian afektif
Menilai minat, etika, kerjasama
kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
Penilaian psikomotorik
Penilaian psikomotorik dilakukan
dengan pengamatan pada kemampuan kerja
individu dalam kelompok.
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK
Mata Pelajajaran : Kimia Kelas
: VIII - …..
Kelompok : A
- Afektif
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Aktivitas dalam diskusi kelompok
|
Kerjasama dalam kelompok
|
Bersaing secara sehat dan sportif
|
Kelengkapan tugas individu dalam
kelompok
|
Kelengkapan tugas individu
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
dst
|
- PSIKOMOTORIK
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Keterampilan berbicara
|
Merakit alat percobaan
|
Membuat rancangan percobaan
|
Menggunakan alat dengan teapat
|
Mencatat data percobaan
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
dst
|
Pedoman
penskoran :
Afektif : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan
kriteria sebagai berikut :
3
= kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
2
= kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 =
kegiatan kurang atau intensitas rendah
Psikomotorik : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai
berikut :
3
= tindakan benar, tepat dan teliti
2
= tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
1
= tindakan salah
Pedoman penilaian : Nilai = (jumlah skor x 100) : 15
Tindak lanjut :
Siswa yang telah berhasil dengan
nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
Siswa yang belum mencapai ketuntasan
kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti
program remedial terlebih dahulu.
RANCANGAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kimia
Kelas / Semester : VII / 1
Standar
kompetensi : Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan
dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
Metode / Pendekatan : Diskusi,
informasi, tanya jawab.
Sumber / Bahan / Alat :
1.
Sumber : Purba, Michael, 2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
2. Bahan :
Lembar kegiatan siswa yang
dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
3.
Alat : -
Pengalaman Belajar :
1. Mencari informasi melalui referensi tentang bahan kimia
alami dan bahan kimia buatan
2. Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan
kimia alami
3. Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan
kimia buatan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
Indikator :
1. Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia
buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan
penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan
2.
Menunjukkan
contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan
Materi Pokok : Bahan kimia alami dan buatan
Skenario Pembelajaran :
Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )
Kegiatan
awal (5 menit )
1.
Salam pembuka, mengecek kehadiran
siswa
2.
Guru memberikan pertanyaan untuk
memotivasi siswa :
·
Adakah bahan kimia yang aman digunakan
sebagai bahan tambahan dalam produk makanan?
3.
Guru menyampaikan indikator kegiatan
yang akan dicapai
Kegiatan
inti ( 70 menit )
1.
Guru mengarahkan siswa utnuk membuat
kelompok
2.
Guru meminta siswa untuk mencari
informasi tentang zat adiktif makanan yang digunakan sebagai bahan pewarna,
baik bahan pewarna alami maupun buatan.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan kegiatan
3.2 halaman 60.
4.
Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu
nomor 1-6 halaman 61.
5.
Guru menunjuk siswa secara acak untuk
mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
6.
Guru mengarahkan siswa untuk mencari
informasi tentang zat adiktif makanan yang digunakan sebagai bahan pemanis,
baik bahan pemanis alami maupun buatan.
7.
Guru dan siswa mendiskusikan tentang
zat adiktif yang berfungsi sebagai bahan pengawet, baik bahan pengawet alami
maupun buatan, dan beberapa cara mengawetkan makanan.
8.
Siswa mengerjalan Uji Kepahamanmu nomor 7-10 halaman 63 dan
nomor 11-15 halaman 67-68.
9.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
Kegiatan
penutup (5 menit )
1.
Guru membantu siswa untuk membuat
kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi.
2.
Guru memberikan PR Kegiatan 3.1
halaman 60, Kegiatan 3.3 halaman 63, dan Kegiatan 3.4 halaman 67.
3.
Salam penutup
Pertemuan kedua ( 2 X 40 menit )
Kegiatan
awal (5 menit )
1.
Salam pembuka, mengecek kehadiran
siswa
2.
Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
·
Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan
MSG?
3.
Guru menyampaikan indikator pencapaian
hasil belajar.
Kegiatan
inti ( 70 menit )
1.
Guru memeriksa PR siswa dan
membahasnya bersama siswa.
2.
Guru membimbing siswa untuk membuat
kelompok
3.
Guru meminta siswa untuk mencari
informasi tentang berbagai macam bahan penyedap alami dan buatan.
4.
Guru meminta siswa untuk mendata
berbagai macam bahan makanan yang menggunakan penyedap (Kegiatan 3.5 halaman
69)
5.
Guru meminta siswa untuk menelaah
bahan kimia apa saja yang terdapat dalam contoh-contoh yang mereka buat.
6.
Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu
nomor 16-19 halaman 69.
7.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
8.
Guru dan siswa mendiskusikan bahan
adiktif makanan yang berfungsi sebagai antioksidan dan penambah nutrisi.
9.
Siswa mengerjakan Uji Kepemahamanmu
nomor 20-22 halaman 70, nomor 23 halaman 71, dan Soal-soal bab 3.
10.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal-soal yang abru saja dikerjakan.
Kegiatan
penutup (5 menit )
1.
Melalui diskusi guru membantu siswa
untuk membuat kesimpulan.
2.
Guru memberikan tugas kepada siswa
untuk melakukan Kegiatan 3.6.
3.
Salam penutup
Penilaian
Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai
tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
Penilaian afektif
Menilai minat, etika, kerjasama
kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
Penilaian psikomotorik
Penilaian psikomotorik dilakukan
dengan pengamatan pada kemampuan kerja
individu dalam kelompok.
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK
Mata Pelajajaran : Kimia Kelas
: VIII - …..
Kelompok : A
- Afektif
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Aktivitas dalam diskusi kelompok
|
Kerjasama dalam kelompok
|
Bersaing secara sehat dan sportif
|
Kelengkapan tugas individu dalam kelompok
|
Kelengkapan tugas individu
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
dst
|
- PSIKOMOTORIK
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Keterampilan berbicara
|
Merakit alat percobaan
|
Membuat rancangan percobaan
|
Menggunakan alat dengan teapat
|
Mencatat data percobaan
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
dst
|
Pedoman
penskoran :
Afektif : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan
kriteria sebagai berikut :
3
= kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
2
= kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 =
kegiatan kurang atau intensitas rendah
Psikomotorik : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai
berikut :
3
= tindakan benar, tepat dan teliti
2
= tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
1
= tindakan salah
Pedoman penilaian : Nilai = (jumlah skor x 100) : 15
Tindak lanjut :
Siswa yang telah berhasil dengan
nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
Siswa yang belum mencapai ketuntasan
kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti
program remedial terlebih dahulu.
RANCANGAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kimia
Kelas / Semester : VII / 1
Standar
kompetensi : Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan
psikotropika
Metode / Pendekatan : Diskusi,
informasi, tanya jawab.
Sumber / Bahan / Alat :
1.
Sumber : Purba, Michael, 2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
2. Bahan :
Lembar kegiatan siswa yang
dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
3.
Alat : -
Pengalaman Belajar :
1. Studi pustaka tentang pengertian zat adiktif dan
psikotropika
2. Mendata contoh zat adiktif
3. Mendata contoh zat psikotropika
4. Mencari informasi dari nara sumber tentang dampak negatif
penggunaan zat adiktif dan psikotropika
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian
zat adiktif dan psikotropika
2.
Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan
psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
Tujuan
Pembelajaran:
1. siswa dapat Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
2. siswa dapat Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan
psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
Materi Pokok : Zat adiktif dan psikotropika
Skenario Pembelajaran :
Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )
Kegiatan
awal (5 menit )
1.
Salam pembuka, mengecek kehadiran
siswa
2.
Guru memberikan pertanyaan untuk
memotivasi siswa :
·
Tahukah kamu rokok mengandung
sedikitnya 400 zat beracun bagi tubuh? Apa saja penyakit yang bisa ditimbulkan
akibat asap rokok?
3.
Guru menyampaikan indikator kegiatan
yang akan dicapai
Kegiatan
inti ( 70 menit )
1.
Guru membimbing siswa untuk membuat
kelompok
2.
Guru meminta siswa untuk mencari
informasi tentang pengertian dan penggolongan zat adiktif
3.
Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu
nomor 1-6 halaman 79.
4.
Guru mengarahkan siswa untuk mencari
informasi tentang berbagi jenis zat adiktif
dan dampaknya, meliputi:
·
Rokok
·
Minuman keras (alkohol)
5.
Siswa mengerjakan Uji Kepemahamanmu
nomor 7-10 halaman 84 dan nomor 11-14 halaman 87.
6.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal yang baru saja dikerjakan.
7.
Guru dan siswa mendiskusikan tentang
zat adiktif narkotika.
8.
Guru dan siswa membahas Uji
Kepemahamanmu nomor 15-16 halaman 91..
Kegiatan
penutup (5 menit )
1.
Guru membantu siswa untuk membuat
kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.
Guru memberikan PR Uji Kepemahamanmu
nomor 17-18 halaman 92 dan nomor 19-21 halaman 93.
3.
Salam penutup
Pertemuan Kedua ( 2 X 40 menit )
Kegiatan
awal (5 menit )
1.
Salam pembuka, mengecek kehadiran
siswa
2.
Guru memberikan pertanyaan untuk
memotivasi siswa :
·
Bangsa Aztek sudah menggunakan zat
halusinogen dalam upacara keagamaannya, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan
zat halusinogen?
3.
Guru menyampaikan indikator kegiatan
yang akan dicapai
Kegiatan
inti ( 70 menit )
1.
Guru memeriksa PR Uji Kepemahamanmu
nomor 17-18 halaman 92 dan nomor 19-21 halaman 93.
2.
Guru mengarahkan siswa untuk mencari
informasi tentang zat adiktif serta dampaknya, meliputi:
·
Halusinogen
·
Inhalasia dan solven
·
Kafein
3.
Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu
nomor 22 halaman 94, nomor 23-24 halaman 95, dan nomor 25 halaman 96.
4.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
5.
Guru dan siswa mendiskusikan dampak
penyalahgunaan narkoba.
6.
Siswa mengerjakan Kegiatan 4.3 halaman
98.
7.
Guru memeriksa pekerjaan siswa
sekaligus memberikan bimbingan dan penilaian.
Kegiatan
penutup (5 menit )
4.
Guru membantu siswa untuk membuat
kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
5.
Guru memberikan Kegiatan 4.2 halaman
83.
6.
Salam penutup
Penilaian
Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai
tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
Penilaian afektif
Menilai minat, etika, kerjasama
kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
Penilaian psikomotorik
Penilaian psikomotorik dilakukan
dengan pengamatan pada kemampuan kerja
individu dalam kelompok.
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK
Mata Pelajajaran : Kimia Kelas
: VIII - …..
Kelompok : A
- Afektif
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Aktivitas dalam diskusi kelompok
|
Kerjasama dalam kelompok
|
Bersaing secara sehat dan sportif
|
Kelengkapan tugas individu dalam
kelompok
|
Kelengkapan tugas individu
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
Dst
|
- PSIKOMOTORIK
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Keterampilan berbicara
|
Merakit alat percobaan
|
Membuat rancangan percobaan
|
Menggunakan alat dengan teapat
|
Mencatat data percobaan
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
Dst
|
Pedoman
penskoran :
Afektif : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan
kriteria sebagai berikut :
3
= kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
2
= kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 =
kegiatan kurang atau intensitas rendah
Psikomotorik : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai
berikut :
3
= tindakan benar, tepat dan teliti
2
= tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
1
= tindakan salah
Pedoman penilaian : Nilai = (jumlah skor x 100) : 15
Tindak lanjut :
Siswa yang telah berhasil dengan
nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
Siswa yang belum mencapai ketuntasan
kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti
program remedial terlebih dahulu.
RANCANGAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kimia
Kelas / Semester : VII / 1
Standar
kompetensi : Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar : Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan
psikotropika
Metode / Pendekatan : Diskusi,
informasi, tanya jawab.
Sumber / Bahan / Alat :
1.
Sumber : Purba, Michael, 2007, Kimia 2 untuk SMP kelas VIII, Erlangga
2. Bahan :
Lembar kegiatan siswa yang
dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.
3.
Alat : -
Pengalaman Belajar :
1.
Mencari informasi
dari nara sumber tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan
psikotropika
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Indikator :
1. Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif
(rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
2. Mendata zat adiktif dan
psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat
Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras)
dan psikotropika.
2.
Siswa dapat
Mendata zat adiktif dan psikotropika
yang digunakan di bidang kesehatan
3.
Materi Pokok : Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika
Skenario Pembelajaran :
Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )
Kegiatan
awal (5 menit )
1.
Salam pembuka, mengecek kehadiran
siswa
2.
Guru memberikan pertanyaan untuk
memotivasi siswa :
·
Apa yang akan kamu lakukan jika ada
temanmu yang mengajakmu menggunakan zat adiktif atau zat psikotropika?
3.
Guru menyampaikan indikator kegiatan
yang akan dicapai
Kegiatan
inti ( 70 menit )
1.
Guru memeriksa PR siswa (Kegiatan 4.2
halaman 83)
2.
Guru membimbing siswa untuk membuat
kelompok.
3.
Guru meminta siswa untuk mencari
informasi tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan
psikotropika.
4.
Guru meminta beberapa kelompok untuk
mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka.
5.
Guru meminta siswa lainnya untuk
menanggapi dan mendiskusikannya.
6.
Siswa mengerjakan Kegiatan 4.4 halaman
101.
7.
Guru menunjuk salah satu kelompok
untuk membacakan Tulisan yang telah mereka buat.
8.
Siswa mengerjakan Soal-soal Bab 4
halaman 102.
9.
Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
dari soal-soal yang baru saja dikerjakan.
Kegiatan
penutup (5 menit )
1.
Guru membantu siswa untuk membuat
kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
2.
Guru memberikan tugas kepada siswa
untuk mendata zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang
kesehatan.
3.
Salam penutup
Penilaian
Penilaian kognitif
Menggabungkan antara nilai
tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1
Penilaian afektif
Menilai minat, etika, kerjasama
kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.
Penilaian psikomotorik
Penilaian psikomotorik dilakukan
dengan pengamatan pada kemampuan kerja
individu dalam kelompok.
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK
Mata Pelajajaran : Kimia Kelas
: VIII - …..
Kelompok : A
- Afektif
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Aktivitas dalam diskusi kelompok
|
Kerjasama dalam kelompok
|
Bersaing secara sehat dan sportif
|
Kelengkapan tugas individu dalam
kelompok
|
Kelengkapan tugas individu
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
Dst
|
- PSIKOMOTORIK
No Absen
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
Keterampilan berbicara
|
Merakit alat percobaan
|
Membuat rancangan percobaan
|
Menggunakan alat dengan teapat
|
Mencatat data percobaan
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
Dst
|
Pedoman
penskoran :
Afektif : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan
kriteria sebagai berikut :
3
= kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi
2
= kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 =
kegiatan kurang atau intensitas rendah
Psikomotorik : Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai
berikut :
3
= tindakan benar, tepat dan teliti
2
= tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti
1
= tindakan salah
Pedoman penilaian : Nilai = (jumlah skor x 100) : 15
Tindak lanjut :
Siswa yang telah berhasil dengan
nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
Siswa yang belum mencapai ketuntasan
kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti
program remedial terlebih dahulu.
Pangkah, 2 Juni 2014
Mengetahui
Kepala SMP 2 Pangkah Guru
Mapel IPA
Dra. Dwi Imas M. pd Ayu
widiastu S. pd
NIP: NIP:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar